Tips Agar Porsi Makan Anak Sesuai Dengan Kebutuhannya

  • Whatsapp

Memerhatikan asupan makanan si kecil memang penting dan tak boleh diabakan oleh para bapak dan ibu. Termasuk juga mengatur porsi makan si kecil.

Porsi makan si kecil secara tak seketika memengaruhi berat badan si kecil. Bagi Anda yang memiliki si kecil gemuk, memegang porsi makan si kecil bisa menolong si kecil mengatur berat badannya. Hal ini sebab si kecil cenderung menghabiskan seluruh makanan yang tersaji dalam piring.

Read More

Apabila porsi makan si kecil dikuasai, karenanya kalori dari makanan yang masuk ke tubuh si kecil dapat dipegang. Akibatnya, berat badan si kecil malahan dapat terkontol. Lalu, bagaimana sistem mengatur porsi makan si kecil?

Mengapa bapak dan ibu perlu mengatur porsi makan si kecil?

Dan tak cuma berperan dalam memegang makanan apa yang si kecil makan, tetapi juga memegang seberapa banyak makanan yang semestinya si kecil makan. Nah, mungkin masih banyak bapak dan ibu yang belum memahami seberapa banyak porsi yang pantas untuk buah hatinya. Hal ini kemudian bisa membikin si kecil makan berlebihan secara tak seketika.

Malahan, banyak bapak dan ibu yang justru bersuka cita kalau buah hatinya makan dalam porsi besar. Kesudahannya, buah hatinya memiliki tubuh yang gemuk. Hal ini kemudian bisa memengaruhi adat istiadat makan si kecil hingga besar. Apabila telah menjadi adat istiadat, hal ini mungkin akan menjadi susah bagi si kecil untuk mengubahnya.

Oleh sebab itu, perkenalkan si kecil dengan porsi makannya yang pantas semenjak dini. Ajarkan si kecil untuk mengenali rasa lapar dan kekenyangannya sehingga terhindar dari makan berlebih.

Metode memegang porsi makan si kecil

Kadang, “ikut serta campur” dalam memegang porsi makan si kecil memang dibutuhkan. Hal ini sebab si kecil kecil mungkin belum memahami seberapa banyak makanan yang dia perlukan. Umumnya ukuran porsi untuk si kecil balita merupakan seperempat ukuran porsi orang dewasa. Tidak, untuk umur si kecil yang lebih besar (sekitar umur 5-8 tahun) ukuran porsinya merupakan sepertiga porsi orang dewasa.

Anda dapat mencoba kiat berikut ini untuk menolong memegang porsi makan si kecil.

1. Perkenalkan si kecil dengan pembagian piring

Dalam satu piring, pastikan dipenuhi dengan makanan sumber karbohidrat, makanan sumber protein hewani, makanan sumber protein nabati, dan sayuran. Gunakan tertinggal, buah sesudah makan.

2. Pakai mangkok dan piring dengan ukuran lebih kecil untuk si kecil

Hal ini tepat sasaran dalam mengendalikan jumlah makanan yang dikonsumsi si kecil. Pakai juga sendok dan garpu dengan ukuran lebih kecil sehingga si kecil gampang menyuapi dirinya sendiri.

3. Tetapi si kecil kebebasan untuk mengambil makanannya sendiri

Mungkin hal ini akan berpengaruh lebih bagus bagi si kecil dalam memegang porsinya. Kecil, Anda konsisten semestinya observasi apa saja yang diambil si kecil dan porsi makan si kecil. Pastikan si kecil tak mengambil makanan secara berlebihan.

4. Jangan makan terlalu kencang

Makan secara pelan dan kasih waktu si kecil untuk merasakan makanannya hingga habis. Sekiranya lazimnya akan stop makan juga kalau orang yang mengantarnya makan telah selesai.

5. Apabila sedang makan di resto,

Pesankan si kecil makanan dengan porsi kecil atau khusus porsi si kecil-si kecil

Makanan dengan porsi besar bisa memengaruhi selera makan si kecil. Sekiranya mungkin akan merasa kencang kembung kalau dihadapkan dengan porsi besar.

6. Apabila mengkonsumsi makanan kemasan,

sebaiknya tak memperbolehkan si kecil makan satu bungkus makanan ringan atau satu kardus es krim

Hal ini akan membikin si kecil makan berlebihan sebab si kecil cenderung akan menghabiskan makanan hal yang demikian hingga habis -tanpa tahu telah berapa banyak makanan yang mereka makan (mungkin lebih dari satu porsi). Sebaiknya tempatkan es krim dalam satu gelas dan tempatkan makanan ringan dalam satu mangkuk, sehingga jumlah yang dimakan si kecil dapat menonjol.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *