Inilah Tips Untuk Anda Yang Akan Berlibur Ke Turki!

  • Whatsapp

Mencari kabar dan acuan sebanyak-banyaknya itu benar-benar penting sebelum tamasya ke negara lain. Apalagi mengingat tarif penginapan dan transportasinya yang tidaklah murah.

Tentu saja ini tak cuma untuk ke satu negara saja, namun juga ke seluruh negara, termasuk ke Turki. Negara yang mempunyai arsitektur super ikonik ini memang jadi salah satu destinasi unggulan para traveller.

Read More

Jikalau Anda berkeinginan tamasya ke Turki, sebaiknya luangkan waktu untuk mencari tahu seluruh kabar seputar negara Eropa Timur ini. Mulai dari tata tertibnya, pengurusan visa, mata uang, dan bahasa yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih jelasnya, berikut kiat dan persiapan yang sepatutnya Anda terapkan ketika hendak tamasya ke Turki untuk pertama kalinya,

1. Pilih Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa

Sama seperti ketika tamasya ke negara di Benua Eropa atau Amerika, Anda juga sepatutnya punya visa seandainya berkeinginan tamasya ke Turki. Ada dua variasi visa yang dapat dipilih, di antaranya:

a. Visa on Arrival (VOA), ialah visa yang didapatkan saat Anda menginjakkan kaki di Turki. Visa ini dapat diurus di loket VOA dengan membayar sekitar 35 USD. Tetapi, Anda sepatutnya rela mengantre sampai berjam-jam sebab jumlah pelancong yang mengurus visa variasi ini sangatlah banyak. Untuk mekanisme pembayaran VOA, Anda sepatutnya membayar gunakan uang tunai, bukan gunakan kartu kredit.

b. e-Visa, yang mekanisme pengurusannya jauh lebih gampang ketimbang VOA. Kecuali gampang, tarif pengajuan e-Visa jauh lebih murah, ialah sebesar 25,70 USD (telah termasuk tarif servis).

Siapkan notebook yang telah terkoneksi dunia maya, lalu dapat laman sah untuk aplikasi visa Turki. Ikuti pertanda yang tersedia dengan benar hingga e-Visa milik Anda terbit dalam format file PDF.

2. Pakai Transportasi Biasa

Untuk urusan transportasi, Negara Turki dapat dikatakan cukup maju. Banyak transportasi yang dapat dihasilkan opsi, seperti bis, metro, dan tramway.

Bis menjadi transportasi yang paling hemat, lebih-lebih untuk jarak dekat. Untuk jarak jauh, Anda dapat memilih metro dan tramway yang mengaitkan Kota Istanbul dengan 10 trek sekalian, bagus trek ke Eropa ataupun ke Asia.

Jikalau berkeinginan lebih hemat lagi, ada bagusnya untuk mengurus kartu metro. Kecuali itu, kartu metro jauh lebih praktis sebab Ana tak perlu membayar secara tunai. Menariknya lagi, kartu metro dapat diaplikasikan untuk sebagian orang.

3. Cari Rujukan Penginapan Murah

Ada banyak penginapan di Turki kalau berkeinginan menghemat pengeluaran. Anda dapat mencari hostel atau guesthouse dapat dihasilkan sebagai pilihan untuk menginap.

Tarif sewa kamarnya benar-benar relatif murah, ialah berkisar Rp200 ribuan per malam untuk macam kamar paling simpel di Kota Istanbul. Bila berkeinginan menerima layanan full service, seperti sarapan dan ruangan ber-AC, biayanya tentu lebih mahal.

Jikalau Anda punya sahabat atau saudara, dapat numpang tidur di rumah mereka bahkan lebih bagus lagi. Uang yang semestinya digunakan untuk membayar penginapan dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti makan, karcis masuk daerah tamasya, atau berburu oleh-oleh.

4. Manfaatkan Wi-Fi Gratisan

Rasanya kurang komplit seandainya tamasya tanpa update di media sosial. Jikalau Anda berkeinginan internetan tiap-tiap hari, dapat membeli SIM Card yang harganya kurang lebih Rp200 ribu.

Tetapi, Anda sepatutnya menentukan rentang waktu liburanmu di Turki. Karena untuk waktu tamasya di atas satu pekan perlu melapor ke komponen pemerintahan lebih-lebih dulu. Registrasi ini tentu saja tak free, Anda sepatutnya membayar lagi.

Jikalau berkeinginan berhemat, lebih bagus manfaatkan wi-fi gratisan yang ada di resto, resto, atau hostel. Bila berkeinginan update di media sosial, Anda dapat simpan konten yang berkeinginan diunggah lebih-lebih dulu. Dikala terhubung ke jaringan wi-fi, dapat seketika update.

5. Pakai Kartu e-Pass ketika Menjelang Daerah Liburan

E-pass ini pantas bagi Anda yang menyukai mampir ke daerah bersejarah, seperti museum. Dengan punya e-pass, Anda dapat mampir ke seluruh museum yang ada di Turki selama 15 hari berturut-ikut.

Sesudah 15 hari, kartu tak akan berlaku. Itu berarti, Anda sepatutnya membayar penuh ketika berkeinginan mengunjungi museum tertentu.

Pembuatan kartu e-pass dapat dijalankan di museum-museum besar, seperti Tokapi Palace atau Hagia Sophia. Tetapi dengan catatan, Anda sepatutnya tabah mengantri di garis yang seperti itu panjang, lebih-lebih ketika musim tamasya tiba.

6. Pelajari Kalimat dalam Bahasa Turki

Kecuali krama sepatutnya konsisten dijaga, lebih-lebih ketika bertamu ke negara orang lain. Di Turki juga sama, ada bagusnya kalau Anda tahu sepatah dua kata dalam Bahasa Turki supaya penduduk lokal respect kepada Anda.

Tentunya, Anda tak perlu menghafalkan seluruh kata berbahasa Turki. Cukup kata-kata penting yang diaplikasikan untuk menyapa saja, seperti selamat pagi, selamat siang, selamat malam, apa informasi, dan terima beri.

Mempelajari bahasa asing itu benar-benar menyenangkan. Kecuali membikin Anda lebih dihormati, kesanggupan literatur Anda juga akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *