Inilah Makanan Yang Baik Di Konsumsi Bagi Anda Penderita Kolestrol

  • Whatsapp

Tak sedikit orang yang memiliki kolesterol tinggi dan mau dapat sembuh. Maka, Anda dapat mengobatinya dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Apa sajakah?

Dalam tubuh manusia terdapat kolesterol, yang yakni senyawa dengan sifat mirip lemak yang hidup secara natural dalam hampir tiap komponen tubuh Anda seperti otak, syaraf, otot, usus, hati, dan jantung. Kolesterol datang dari dua sumber, diproduksi oleh hati atau melewati makanan yang Anda konsumsi.

Angka kolesterol normal yang dianjurkan para dokter secara biasa merupakan di bawah 200. Kalau Anda melaksanakan percobaan kadar kolesterol, pastikan Anda memperoleh rincian hasil HDL (lemak bagus) dan LDL (lemak jahat) juga. Kadar HDL yang bagus merupakan 60, tetapi kian tinggi angkanya justru kian bagus bagi Anda. Sementara itu kadar LDL yang aman merupakan di bawah 100.

Nah, kalau Anda mempunyai kolesterol tinggi, apa saja sumber makanan penurun kolesterol yang dapat jadi penyelamat? Mari simak sebagian makanan dan sumber makanan yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan makanan penurun kolesterol sebab kaya akan asam lemak tidak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua gizi ini bisa menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat, dan menaikkan HDL kolesterol alias lemak bagus.

Anda dapat mencampurkan 2 sendok minyak zaitun dan buah zaitun pada salad atau coba menggoreng dan menumis makanan memakai minyak dari buah zaitun hal yang demikian.

2. Oatmeal dan makan berserat tinggi

Siapa yang tak tahu oatmeal? Oatmeal bagus untuk kesehatan sebab mengandung serat larut yang bisa menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal berjenis serat yang bisa larut bisa mengurangi peresapan kolesterol ke dalam aliran darah. Mengkonsumsi 10 gram serat dari oatmeal bisa mengurangi sempurna kolesterol, termasuk kolesterol jahat alias LDL.

3. Kacang kedelai

Sumber makanan yang berasal dari kacang kedelai maupun kacang kedelai yang sudah diolah, seperti tahu, tempe, susu kedelai, atau susu kacang hijau, mengandung zat isoflavon yang berfungsi sebagai zat yang bisa menekan kolesterol jahat (LDL) supaya tak berkembang lebih banyak di aliran darah.

Tapi ada hal yang semestinya dihindari. Dikala mengolah bahan makanan dari kacang kedelai, hindari memasak atau menambahkan minyak goreng awam. Ganti dengan minyak zaitun. Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberi rekomendasi untuk mengkonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari sebagai makanan penurun kolesterol.

4. Kacang-kacangan

Kacang yakni salah satu sumber makanan yang mengandung serat larut yang betul-betul tinggi. Mengkonsumsi serat larut merupakan salah satu metode mengurangi kadar kolesterol. Mengkonsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang, atau kacang almond secara teratur selama 6 pekan bisa menurunkan kolesterol sampai 10%.

5. Ikan salmon

Ikan salmon diperkaya dengan kandungan omega 3 yang bisa berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol bagus (HDL). Kecuali mengandung omega 3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang betul-betul bagus bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

Sebuah asosiasi kesehatan di Amerika menyimpulkan bahwa mengkonsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel, minimal 2 porsi dalam satu pekan bisa memberi manfaat yang betul-betul maksimal dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Kuaci tawar

Siapa sangka biji bunga sang surya yang sering kali disebut kuaci ini rupanya yakni makanan penurun kolesterol?

Kuaci mengandung zat tembaga yang bagus bagi tubuh. Tubuh kita butuh zat tembaga, sebab pola makan yang rendah asupan tembaga akan lebih rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat LDL, dan terbatasnya kolesterol bagus yang terserap ke tubuh.

Karenanya, kalau Anda hobi makan camilan kuaci biji labu ataupun biji bunga sang surya, terutamanya yang tawar tanpa tambahan garam, ini pelan-lahan bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh kalau disertai pola makan yang sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *