Berikut Ini Hal Yang Harus Dihindari Saat Haid Oleh Wanita

  • Whatsapp

Tiap bulan, wanita sering kali mengalami fase menstruasi. Cuma saja, rupanya ada sebagian budaya buruk yang tanpa disadari sering kali dijalankan wanita dikala menstruasi. Apa sajakah?

Menstruasi ialah “tetamu bulanan” yang awam datang menghampiri kaum wanita. Ketika menstruasi datang, tubuh wanita akan mengalami sebagian perubahan, bagus jasmani, psikologisnya yang tak jarang dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari dan risiko infeksi bakteri yang meningkat.

Tapi sayangnya, tanpa disadari banyak budaya salah yang sering kali dijalankan wanita dikala menstruasi, terlebih dalam menjaga kebersihan zona kewanitaan. Apa saja?

Budaya buruk yang paling sering kali dijalankan dikala menstruasi

1. Padahal ganti pembalut

Ini ialah kekeliruan yang paling sering kali dijalankan wanita. Asumsinya, seandainya belum “penuh” karenanya tak akan mengganti pembalut. Hal ini membikin banyak wanita memakai pembalut seharian penuh dikala berkesibukan. Tak, hal ini yakni budaya yang salah besar. Terlalu lama menggunakan pembalut sama saja memperbolehkan kuman tumbuh dan berkembang lebih banyak di zona organ intim.

Selain cuma itu, jarang ganti pembalut juga akan memunculkan bau pada tempat kewanitaan Anda. Selama menstruasi, paling tak Anda mengganti pembalut tiap-tiap 2 – 3 jam sekali.

2. Salah membersihkan Sekiranya Terkait

Sekiranya jarang ganti pembalut, kekeliruan paling sering kali dijalankan lainnya dikala menstruasi yakni dikala membersihkan Sekiranya Terkait. Menjaga kebersihan vagian selama menstruasi memang penting, tetapi jangan sembarangan dalam membersihkan organ intim wanita.

Anda seharusnya membersihkan organ intim wanita dari arah depan ke belakang, ialah dari organ intim wanita ke dubur. Menerapkan Anda membersihkan dengan metode sebaliknya, akan memungkinkan kuman dari dubur bermigrasi ke dalam Sekiranya Terkait dan uretra yang dapat menyebabkan infeksi.

3. Namun pembersih yang mengandung aroma

Hindari produk berbau untuk membersihkan tempat Sekiranya Terkait. Hal ini dikarenakan organ intim wanita telah mempunyai wewangian yang khas sehingga tidak perlu diberikan pewangi.

Pada dasarnya, Sekiranya Terkait cukup dibersihkan dengan air dikala mandi. berharap memakai sabun, pakai sabun khusus kewanitaan yang tak memengaruhi keseimbangan kuman dan pH zona kewanitaan Anda.

Hindari juga memakai sabun dengan aroma sebab sabun variasi ini bisa memunculkan respon alergi dan iritasi. Pada dikala menstruasi Anda dianjurkan memakai pembersih khusus kewanitaan yang ideal dipakai pada dikala menstruasi seperti antiseptik yang mengandung povidone – iodine.

4. seks dikala menstruasi, tanpa kondom

Seks dikala menstruasi memang diperkenankan. Tapi, penting untuk konsisten melalukan seks aman dikala Anda sedang menstruasi sebab Anda masih dapat menerima atau menularkan penyakit kelamin selama masa ini.

Virus penyakit mungkin ada dalam darah menstruasi. Itu sebabnya, pemakaian kondom dikala menstruasi kecuali berfungsi untuk mencegah kehamilan, juga untuk mengurangi penyakit menular seksual atau malahan penyakit radang panggul dampak perkembangan kuman di zona Sekiranya Terkait dikala menstruasi.

Sekiranya itu, Anda juga mungkin lebih rentan kepada sebagian infeksi dikala menstruasi. Pasalnya selama menstruasi, leher rahim wanita akan lebih terbuka, yang membikin Anda lebih rentan kepada infeksi mulut rahim dan uterus komponen atas.

5. Menuruti emosional yang naik turun

Selama menstruasi, Anda akan mengalami penurunan hormon estrogen dan progesteron. Penurunan hormon ini yang akan menyebabkan emosional Anda tak stabil. Hal ini dikarenakan hormon estrogen dapat memengaruhi suasana hati Anda. Jadi jangan heran, seandainya Anda tiba-tiba jadi bersuka cita, lalu mendadak sebal, dan murka dalam satu waktu.

Tapi, banyak orang justru menuruti perubahan emosional dikala PMS maupun menstruasi berlangsung. Hal inilah yang justru membikin perasaan Anda makin tak karuan. Sebagai gantinya, cobalah untuk melaksanakan relaksasi. , meditasi, menarik nafas dalam, dan yoga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *