7 Kopi Indonesia yang Nikmat dan Terkenal di Mata Dunia

7-Kopi-Indonesia-yang-Nikmat-dan-Terkenal-di-Mata-Dunia
Foto dari Canva

Bagi Anda para penikmat kopi Indonesia wajib berbangga diri karena banyak kopi asli Indonesia yang diakui oleh dunia. Sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki banyak varian kopi dari tiap daerah. Bahkan daerah yang tidak terlalu besar pun mampu memproduksi kopi kelas dunia.

Kopi apa saja yang terbaik di Indonesia dan di mata dunia? Simak ulasan berikut.

Kopi Gangga Lombok

Pernah mendengar kopi ini? Travel wisata Lombok memang tidak hanya seputar pantai saja, tetapi wisata kulinernya juga terbaik. Kopi gangga Lombok adalah kopi berjenis robusta yang mempunyai cita rasa lembut. Ada empat varian cita rasa kopi ini, yaitu leci, caramel, coklat, dan gula merah.

Kopi Toraja

Siapa yang tidak kenal dengan kopi Toraja? Kopi yang berasal dari Sulawesi Selatan ini terkenal dengan karakteristik rasa yang unik dan khas. Rasa kopinya kuat dengan tingkat keasaman yang rendah dan ada note pahit di ujung lidah. Dengan dominasi rasa rempah dan fruity, kopi ini pastinya menarik minat para pencinta kopi daerah.

Kopi Mandailing

Pulau Samosir Danau Toba memiliki kopi Mandailing yang terkenal dari tahun 1980an. Kopi ini mempunyai tingkat keasaman yang cukup rendah dengan kualitas yang bagus. Karena keasamannya rendah, maka kopi ini nyaman di perut dan tidak akan menimbulkan asam lambung berlebih. Aromanya cenderung floral, fruity, dan rempah yang unik dan tidak terlalu pahit. Cocok bagi Anda yang menyukai jenis kopi ringan.

Kopi Kintamani

Pulau Dewata bukan hanya terkenal dengan ayam betutu dan sate lilitnya saja, tetapi juga kopi Kintamani yang nikmat. Rasanya cukup unik karena ada hint asam dari jeruk dan aroma floral yang kuat. Hal ini wajar adanya karena petani kopi Kintamani menanam sayur dan jeruk pada lahan yang sama.

Kopi Wamena

Kopi asal Papua ini terkenal dengan kopi ringan dan pas untuk mereka yang bukan penikmat kopi. Selain aroma yang harum dan ringan, kopi Wamena ini tidak akan meninggalkan after taste asam atau pahit setelah diminum. Bagi Anda yang ingin kopi dengan kadar kafein yang rendah, kopi Wamena wajib dilirik.

Kopi Gayo

Pasti Anda sudah familiar dengan kopi Gayo, kopi asal Aceh yang disukai oleh masyarakat Jepang. Kopi Gayo termasuk kopi jenis arabika karena tumbuh di ketinggian 1000-1200 mdpl. Bagi para penyuka kopi asam, kopi ini cocok dikonsumsi karena tingkat keasaman dan aroma yang cukup kuat.

Kopi Gunung Puntang

Kopi ini mungkin belum seterkenal kopi lainnya, namun kopi Gunung Puntang pernah meraih penghargaan di Specialty Coffee Association of America Expo di Amerika Serikat tahun 2016. Kopi Gunung Puntang memiliki rasa manis dengan kadar asam yang cukup tinggi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.