6 Tips Agar Kendaraan Aman Melintasi Rel Kereta Api

6-Tips-Agar-Kendaraan-Aman-Melintasi-Rel-Kereta-Api
Foto dari Canva

Maraknya kasus kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan yang menerobos palang perlintasan kereta api, tentunya membuat kita semakin waspada. Pasalnya meskipun sudah terdapat rambu, himbauan, bahkan penjaga palang perlintasan kereta api, tetap saja terdapat pengendara yang ‘nakal’ menerobos dan menyebabkan korban jiwa. Meskipun sudah memiliki asuransi kendaraan dari Asuransi MSIG online yang memberikan perlindungan mobil dari kecelakaandengan pengajuan klaim yang cepat, bukan berarti sudah aman. Karena, kecelakaan karena menerobos palang kereta api ini bisa saja berakhir dengan hilangnya nyawa pengendara dan penumpang mobil.

Berkaca dari kejadian kasus kecelakaan tersebut, berikut tips agar kendaraan aman melintasi rel kereta api.

1. Kurangi Kecepatan Mobil

Saat melintasi perlintasan kereta api, sebaiknya jangan terburu-buru. Memperhatikan kemanan sehingga selamat sampai tujuan merupakan kewajiban yang harus selalu kita ingat. Jangan sampai mengorbankan nyawa hanya karena ingin memaksa menerobos perlintasan kereta api. Kurangi kecepatan kendaraan dan usahakan untuk menengok kanan dan kiri terlebih dahulu sebelum menyebrang.

2. Perhatikan Lampu Rambu Perlintasan

Perlintasan kereta api memiliki pemberitahuan alarm dan rambu yang berbunyi. Hal itu menandakan bahwa sebentar lagi kereta api akan melintas. Jika sudah mendengar alarm berbunyi dan pintu perlintasan kereta api tertutup, maka sebagai pengendara wajib mendahulukan kereta api terlebih dahulu. Anda juga perlu memperhatikan dua lampu berwarna kuning yang berkedip, jikalau alarm tidak berbunyi, karena lampu tersebut merupakan tanda bahwa kereta akan melintas.

3. Jangan Menyetel Musik

Jika ingin melintasi rel kereta api, selalu matikan musik. Sebab jika mendengarkan suara musik dengan keras, maka dikhawatirkan tidak akan mendengar alarm perlintasan, terlebih lagi pengendara roda dua yang gemar menggunakan headset.

4. Jangan Menerobos Palang

Banyak sekali pengendara ‘nakal’ yang nekat menerobos palang, sehingga mengorbankan nyawa. Belajar dari banyak kasus yang terjadi, jangan pernah menerobos palang perlintasan, meskipun Anda berfikir bahwa keretanya masih jauh maupun berhenti di stasiun. Karena masih banyak kemungkinan yang terjadi, kereta akan lewat lebih cepat dari perkiraan Anda. Jangan sepelekan resiko yang terjadi, karena bukan hanya Anda saja yang terkena imbasnya, namun orang lain juga seperti penumpang kereta.

5. Perhatikan Sekeliling Jalur Perlintasan

Seringkali di beberapa daerah tertentu tidak terdapat palang perlintasan, maupun palang perlintasan tidak berfungsi dengan baik karena rusak. Anda perlu waspada dan berhati-hati dalam melintasi rel kereta yang keadaannya seperti itu dengan memperhatikan sekelilingnya. Hal tersebut berguna untuk memastikan apakah terdapat kereta yang akan melintas atau tidak.

6. Jaga Jarak Aman

Saat berhenti menunggu kereta melintas, ada baiknya menjaga jarak aman. Menjaga jarak aman di sini dengan palang perlintasan dan dengan kendaraan lainnya yang berada di depan guna mengantisipasi keadaan darurat.

Itu dia beberapa tips agar kendaraan aman melintasi jalur kereta api. Selalu waspada dan selalu utamakan keselamatan di jalan raya. Agar senantiasa berkendara aman, selamat sampai tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.