5 Pertimbangan Ketika Memilih Sepatu untuk Anak

  • Whatsapp
5-Pertimbangan-Ketika-Memilih-Sepatu-untuk-Anak
Foto dari Canva Pro

Berburu sepatu anak SD menjadi pemandangan yang sering terlihat saat libur sekolah hampir usai. Orangtua dan anak-anak akan berbondong-bondong menyiapkan kebutuhan sekolah, seperti baju, sepatu dan tas. Ada juga orangtua yang memberikan jatah setiap tahun ajaran baru untuk membeli kebutuhan sekolah tersebut. Tujuannya adalah agar buah hati dapat belajar dengan baik dengan nyaman.

Memilih sepatu yang tepat

Sepatu menjadi barang wajib bagi anak saat pergi ke sekolah. Karena digunakan setiap hari saat cuaca panas maupun hujan, sepatu terkadang cepat menjadi rusak. Mencegah sepatu agar tidak cepat rusak harus melewati berbagai pertimbangan khusus. Anda dapat mengamati dan mempelajari 5 pertimbangan saat memilih sepatu sebagai berikut:

1. Memilih model sepatu datar

Sepatu sekolah bagi anak akan lebih nyaman apabila bermodel datar. Model ini membuat anak tidak mudah terpeleset sehingga aman bagi anak. Selain itu juga tidak menyiksa otot kaki seperti saat menggunakan sepatu dengan hak terlalu tinggi.

Apabila terpaksa dalam kondisi tertentu anak harus menggunakan sepatu berhak, sebaiknya Anda memilih ukuran tinggi kurang dari 4 cm agar kaki anak tidak terasa sakit.

2. Membeli sepatu sesuai ukuran

Masih banyak orang tuaberpikir membelikan sepatu yang terlalu besar bagi anak agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Padahal sebenarnya sepatu awet bukan karena ukuran yang besar tapi karena cara perawatannya. Sepatu yang kebesaran akan membuat anak tidak nyaman memakainya dan rawan terinjak. Usahakan membeli sepatu sesuai dengan ukuran kaki, tidak kebesaran atau kekecilan.

Cara menghitung ukuran sepatu dengan tepat adalah melihat ukuran kaki terpanjang. Pasalnya, antara kaki kanan dan kiri memiliki panjang yang berbeda. Ambil yang terpanjang kemudian ukur lebih lebar dan lebih panjang 1 cm. Informasi tambahan, masukkan juga jari di bagian belakang sepatu sehingga terasa longgar. Cara ini juga dapat Anda terapkan saat mencari sepatu anak SD.

3. Mengamati bahan dasar sepatu

Pilihlah sepatu dengan bahan dasar yang bagus dan tidak mudah rusak. Misalnya saja bahan sepatu berasal dari kulit asli yang lentur sehingga dapat menyesuaikan kaki. Berbeda saat Anda menggunakan sepatu berbahan sintetis terlihat lebih kaku dan kurang fleksibel.

4. Menyesuaikan aktivitas

Sebelum membeli sepatu untuk Anda atau anak, lebih baik ketahui lebih dulu aktivitas yang akan dikerjakan. Misalnya sepatu olahraga dengan sepatu sekolah yang berbeda bahan dan model. Keduanya bisa dibilang bagus apabila digunakan sesuai aktivitas yang akan dilakukan.

5. Berbelanja sepatu saat sore hari

Apakah waktu membeli sepatu dapat menjadi pertimbangan saat memilih sepatu? Jawabannya adalah iya. Membeli sepatu di sore hari lebih disarankan karena ukuran kaki anak berada pada ukuran maksimal. Pada pagi hari, ukuran kaki akan menciut karena beban gravitasi yang sama pada semua bagian tubuh. Beranjak sore, beban kaki bertambah sehingga menambah ukuran pada kaki.

Belanja sepatu saat sore hari dapat meminimalisir kemungkinan sepatu terlalu kecil dan sesak saat dipakai. Dengan ukuran kaki yang maksimal di sore hari, diharapkan ukuran sepatu akan pas dan tidak menyiksa penggunanya.

Anda dapat menerapkan 5 pertimbangan di atas untuk mencari sepatu anak SD. Manfaat melakukan pertimbangan tersebut adalah mengantisipasi penyesalan setelah membeli sepatu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *